1. Mengidentifikasi
ide dasar dalam kemampuan keterampilan peserta
menentukan produk kerajinan sesuai ciri khas daerah.
2. Mengidentifikasi
peralatan yang sesuai untuk pembuatan kerajinan dengan model
3. Mengidentifikasi
jenis gambar yang sesuai untuk gambar rencana pembuatan benda kerajinan
4. Mengapresiasi
unsur estetika pada produk benda kerajinan
5. Mengidentifikasi
potensi bentuk ciri khas sesuai dengan daerahnya..
6. Mengidentifikasi
potensi peserta didik dalam teknik memotong dan menggunting penggunaan bahan.
7. Menyebutkan jenis
kerajinan dan teknik pembuatan dengan tali temali.
8. Menjelaskan
prinsip teknik pembuatan kerajinan batik
9. Menjelaskan produk
kerajinan anyaman dan makramé.
10. Mengidentifikasi teknik penyambungan pembuatan produk
kerajinan dengan bahan lunak
11. Mengidentifikasi jenis tali simpul teknik pembuatan
kerajinan makrame
12. Menentukan produk kerajinan sesuai dengan kelompok
bidang seni rupa.
13. Menjelaskan produk kerajinan sesuai dengan kelompok
bidang seni rupa
14. Menjelaskan prinsip teknik pembuatan kerajinan ikat .
15. Menjelaskan prosedur kerja dalam teknik pembuatan
benda kerajinan.
16. Menentukan kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan
dan dijual
17. Menunjukkan penggunaan peralatan sesuai dengan fungsinya
18. Menafsirkan bentuk-bentuk dalam mendekorasi produk kerajinan.
19. Mengelompokkan nama warna sesuai dengan spektrum warna
20. Merencanakan keakuratan ukuran dalam membuat benda kerajinan.
21. Menganalisis teknik ukiran kayu sesuai dengan
jenisnya.
22. Menyebutkan jenis peralatan untuk membuat model
23. Menafsirkan nilai atau fungsi produk kerajinan benda
pakai.
24. Mengidentifikasi bentuk kerajinan sesuai dengan ciri
khas daerah,
25. Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan yang menggunakan
teknik butsir dan teknik cetak
26. Mengenal produk kerajinan jahit dan sulam
27. Merencanakan pembuatan benda kerajinan dengan menentukan
jenis gambar yang digunakan
28. Menentukan alat yang digunakan untuk membuat kerajinan
dengan teknik butsir.
29. Menentukan jenis simpul-simpul dasar sesuai dengan penggunaannya.
30. Memilih simpul untuk membuat kerajinan macramé tali
peluit
31. Menyebutkan peralatan yang digunakan untuk membuat produk
kerajinan macramé.
32. Menentukan tali simpul melalui gambar
33. Menjelaskan berbagai jenis simpul sesuai dengan penggunaannya,
34. Mengapresiasi ketrampilan teknis dengan mengenal bahan
alami yang digunakan.
35. Menentukan peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan
sulaman bordir
36. Menunjukkan bahan yang sesuai untuk membuat kerajinan
sulam kristik.
37. Menjelaskan jenis teknis tusuk dalam menyelesaikan
kerajinan jahit aplikasi.
38. Menjelaskan fungsi tusuk hias pada teknik pembuatan
kerajinan jahit aplikasi.
39. Menunjukkan alat bantu dalam melaksanakan pembuatan
tas makramé.
40. Mengapresiasi gambar ornament yang terukur dari bidang
dan garis.
42. Menjelaskan nama bahan yang digunakan untuk
penyambungan teknik lipat.
43. Mengapresiasi benda kerajinan dengan menggunakan bahan
keras alami dengan berbagai teknik
44. Memilih bahan kayu untuk pembuatan ganden/alat pemukul
pahat.
45. Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan demensinya.
46. Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan corak
dan karakternya..
47. Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan corak
dan karakter dan perubahanperubahan sesuai masanya.
48. Memilih peralatan yang dapat digunakan
untukmempertajam pahat.
49. Menentukan jumlah pahat ukir sesuai dengan standar
50. Menjelaskan fungsi ornament pada kerajinan kayu.
51. Memindahkan gambar ke dalam bidang
52. Menggunakan ukiran tembus sesuai dengan fungsinya
53. Mengenal produk kerajinan melalui bahan yang
digunakan.
54. Mengenal alat yang dapat mengukur kadar air pada kayu yang
digunakan.
55. Menjelaskan teknik penyambungan pada papan kayu
56. Menentukan sifat dan karakter kayu yang baik untuk
diukir
57. Menjelaskan jenis pahat yang digunakan untuk ukiran
alur cekung.
58. Menjelaskan tahapan pengerjaan kayu dan pengguaan
amplas
59. Menentukan cara yang tepat untuk menambah tampilan
benda
60. Mengapresiasi ragam hias geometris.
61. Menentukan alat ukur yang tepat sesuai dengan bidang
yang diukur
62. Menjelaskan berbagai batu asah sesuai dengan
kegunaannya
63. Menjelaskan alat bantu pertukangan sesuai dengan kegunaannya.
64. Membedakan alat potong gergaji sesuai dengan jenisnya.
65. Menentukan jenis ukiran sesuai dengan bentuknya.
66. Menentukan peralatan yang digunakan membuat konstruksi
melalui gambar
67. Menyebutkan nama anyaman sesuai dengan bentuk seginya.
68. Menentukan jenis anyaman sesuai dengan segi anyaman melalui
gambar.
69. Menentukan tahapan pekerjaan membuat anyaman melalui gambar.
70. Melaksanakan finising untuk membuat kerajinan teknik
sayat dan ukir.
71. Menjelaskan prinsip pembuatan benda kerajinan keramik.
72. Mengidentifikasi bahan pelapis yang sesuai untuk
kerajinan jahit perca.
73. Menggunakan bahan yang sesuai untuk teknik tenun
74. Menentukan posisi sepatu yang benar ketika mengawali
teknik menjahit.
75. Menganalisa kesalahan pada proses pelaksanaan
penjaitan.
76. Menjelaskan prinsip dan tujuan finishing.
77. Memotivasi siswa untuk siap belajar secara fisik
maupun mental.
78. Memilih model pembelajaran yang sesai dengan karakter belajar
ketrampilan.
79. Melakukan pendekatan kepada siswa dalam melakukan
strategi pembelajaran.
80. Mendiskripsikan media pembelajaran.
81. Menunjukkan alat bantu pembelajaran.
82. Menjelaskan pribahasa alam takambang jadi guru.
83. Menjelaskan pengertian estetika dalam pembelajaran
ketrampilan.
84. Melaksanakan ulangan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar.
85. Menentukan jenis evaluasi menurut karakter
pembelajaran ketrampilan.
86. Menerapkan prinsip belajar tuntas.
87. Menjelaskan prinsip belajar sambil mengerjakan.
88. Menentukan jenis penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran ketrampilan
89. Mendiskripsikan standar kompetensi
90. Memahami standar proses pembelajaran
91. Menjelaskan prinsip pengembangan materi ajar.
92. Melaksanakan remedial dalam pembelajaran.
93. Menyebutkan komponen silabus.
94. Menganalisa kata kerja operasional yang digunakan untuk
menentukan indikator.
95. Menjelaskan Standar Proses
96. Menentukan pengembangan silabus dan RPP sesuai dengan tahapan
pembelajaran.
97. Menjelaskan prinsip pendidikan
98. Menentukan model pembelajaran.
99. Menentukan materi pembelajaran
100.Merumuskan
aspek penilaian untuk mata pelajaran ketrampilan
No comments:
Post a Comment