Pages

................................................

Saturday, October 20, 2012

PREDIKSI SOAL KETRAMPILAN UJI KOMPETENSI GURU SMP


1.      Mengidentifikasi ide dasar dalam kemampuan  keterampilan peserta menentukan produk kerajinan sesuai ciri khas daerah.
2.      Mengidentifikasi peralatan yang sesuai untuk pembuatan kerajinan dengan model
3.      Mengidentifikasi jenis gambar yang sesuai untuk gambar rencana pembuatan benda kerajinan
4.      Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan
5.      Mengidentifikasi potensi bentuk ciri khas sesuai dengan daerahnya..
6.      Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam teknik memotong dan menggunting penggunaan bahan.
7.      Menyebutkan jenis kerajinan dan teknik pembuatan dengan tali temali.
8.      Menjelaskan prinsip teknik pembuatan kerajinan batik
9.      Menjelaskan produk kerajinan anyaman dan makramé.
10.    Mengidentifikasi teknik penyambungan pembuatan produk kerajinan dengan bahan lunak
11.    Mengidentifikasi jenis tali simpul teknik pembuatan kerajinan makrame
12.    Menentukan produk kerajinan sesuai dengan kelompok bidang seni rupa.
13.    Menjelaskan produk kerajinan sesuai dengan kelompok bidang seni rupa
14.    Menjelaskan prinsip teknik pembuatan kerajinan ikat .
15.    Menjelaskan prosedur kerja dalam teknik pembuatan benda kerajinan.
16.    Menentukan kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan dan dijual
17.    Menunjukkan penggunaan peralatan sesuai dengan fungsinya
18.    Menafsirkan bentuk-bentuk dalam mendekorasi produk kerajinan.
19.    Mengelompokkan nama warna sesuai dengan spektrum warna
20.    Merencanakan keakuratan ukuran dalam membuat benda kerajinan.
21.    Menganalisis teknik ukiran kayu sesuai dengan jenisnya.
22.    Menyebutkan jenis peralatan untuk membuat model
23.    Menafsirkan nilai atau fungsi produk kerajinan benda pakai.
24.    Mengidentifikasi bentuk kerajinan sesuai dengan ciri khas daerah,
25.    Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan yang menggunakan teknik butsir dan teknik cetak
26.    Mengenal produk kerajinan jahit dan sulam
27.    Merencanakan pembuatan benda kerajinan dengan menentukan jenis gambar yang digunakan
28.    Menentukan alat yang digunakan untuk membuat kerajinan dengan teknik butsir.
29.    Menentukan jenis simpul-simpul dasar sesuai dengan penggunaannya.
30.    Memilih simpul untuk membuat kerajinan macramé tali peluit
31.    Menyebutkan peralatan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan macramé.
32.    Menentukan tali simpul melalui gambar
33.    Menjelaskan berbagai jenis simpul sesuai dengan penggunaannya,
34.    Mengapresiasi ketrampilan teknis dengan mengenal bahan alami yang digunakan.
35.    Menentukan peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan sulaman bordir
36.    Menunjukkan bahan yang sesuai untuk membuat kerajinan sulam kristik.
37.    Menjelaskan jenis teknis tusuk dalam menyelesaikan kerajinan jahit aplikasi.
38.    Menjelaskan fungsi tusuk hias pada teknik pembuatan kerajinan jahit aplikasi.
39.    Menunjukkan alat bantu dalam melaksanakan pembuatan tas makramé.
40.    Mengapresiasi gambar ornament yang terukur dari bidang dan garis. 







41.    Menjelaskan peralatan yang digunakan untuk menguatkan teknik penyambungan  dari bahan kayu.
42.    Menjelaskan nama bahan yang digunakan untuk penyambungan teknik lipat.
43.    Mengapresiasi benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik
44.    Memilih bahan kayu untuk pembuatan ganden/alat pemukul pahat.
45.    Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan demensinya.
46.    Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan corak dan karakternya..
47.    Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan corak dan karakter dan perubahanperubahan sesuai masanya.
48.    Memilih peralatan yang dapat digunakan untukmempertajam pahat.
49.    Menentukan jumlah pahat ukir sesuai dengan standar
50.    Menjelaskan fungsi ornament pada kerajinan kayu.
51.    Memindahkan gambar ke dalam bidang
52.    Menggunakan ukiran tembus sesuai dengan fungsinya
53.    Mengenal produk kerajinan melalui bahan yang digunakan.
54.    Mengenal alat yang dapat mengukur kadar air pada kayu yang digunakan.
55.    Menjelaskan teknik penyambungan pada papan kayu
56.    Menentukan sifat dan karakter kayu yang baik untuk diukir
57.    Menjelaskan jenis pahat yang digunakan untuk ukiran alur cekung.
58.    Menjelaskan tahapan pengerjaan kayu dan pengguaan amplas
59.    Menentukan cara yang tepat untuk menambah tampilan benda
60.    Mengapresiasi ragam hias geometris.
61.    Menentukan alat ukur yang tepat sesuai dengan bidang yang diukur
62.    Menjelaskan berbagai batu asah sesuai dengan kegunaannya
63.    Menjelaskan alat bantu pertukangan sesuai dengan kegunaannya.
64.    Membedakan alat potong gergaji sesuai dengan jenisnya.
65.    Menentukan jenis ukiran sesuai dengan bentuknya.
66.    Menentukan peralatan yang digunakan membuat konstruksi melalui gambar
67.    Menyebutkan nama anyaman sesuai dengan bentuk seginya.
68.    Menentukan jenis anyaman sesuai dengan segi anyaman melalui gambar.
69.    Menentukan tahapan pekerjaan membuat anyaman melalui gambar.
70.    Melaksanakan finising untuk membuat kerajinan teknik sayat dan ukir.
71.    Menjelaskan prinsip pembuatan benda kerajinan keramik.
72.    Mengidentifikasi bahan pelapis yang sesuai untuk kerajinan jahit perca.
73.    Menggunakan bahan yang sesuai untuk teknik tenun
74.    Menentukan posisi sepatu yang benar ketika mengawali teknik menjahit.
75.    Menganalisa kesalahan pada proses pelaksanaan penjaitan.
76.    Menjelaskan prinsip dan tujuan finishing.
77.    Memotivasi siswa untuk siap belajar secara fisik maupun mental.
78.    Memilih model pembelajaran yang sesai dengan karakter belajar ketrampilan.
79.    Melakukan pendekatan kepada siswa dalam melakukan strategi pembelajaran.
80.    Mendiskripsikan media pembelajaran.
81.    Menunjukkan alat bantu pembelajaran.
82.    Menjelaskan pribahasa alam takambang jadi guru.
83.    Menjelaskan pengertian estetika dalam pembelajaran ketrampilan.
84.    Melaksanakan ulangan untuk  mengukur ketercapaian   kompetensi dasar.
85.    Menentukan jenis evaluasi menurut karakter pembelajaran ketrampilan.
86.    Menerapkan prinsip belajar tuntas.
87.    Menjelaskan prinsip belajar sambil mengerjakan.
88.    Menentukan jenis penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran ketrampilan
89.    Mendiskripsikan standar kompetensi
90.    Memahami standar proses pembelajaran
91.    Menjelaskan prinsip pengembangan materi ajar.
92.    Melaksanakan remedial dalam pembelajaran.
93.    Menyebutkan komponen silabus.
94.    Menganalisa kata kerja operasional yang digunakan untuk menentukan indikator.
95.    Menjelaskan Standar Proses
96.    Menentukan pengembangan silabus dan RPP sesuai dengan tahapan pembelajaran.
97.    Menjelaskan prinsip pendidikan
98.    Menentukan model pembelajaran.
99.    Menentukan materi pembelajaran
100.Merumuskan aspek penilaian untuk mata pelajaran ketrampilan

No comments:

Post a Comment